BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pada dasarnya kebutuhan dan keinginan
manusia sebagai individu maupun golongan selalu meningkat. Kebutuhan manusia
beraneka ragam seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Dengan adanya
kebutuhan yang beraneka ragam itu, maka pertumbuhan ekonomi suatu masyarakat
pun akan meningkat. Di samping itu kebutuhan manusia bertingkat mulai
dari kebutuhan yang paling dasar sampai kepada kebutuhan yang paling tinggi
atau lebih dikenal dengan needs theory.
Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi
tersebut maka dunia usaha pun berkembang semakin luas, komplek, dan bervariasi.
Hal ini ditunjukan dengan semakin banyaknya barang yang ditawarkan baik untuk
konsumen industri maupun konsumen akhir. Akibat perkembangan tersebut maka
dapat menyebabkan adanya persaingan yang kompetitif antar perusahaan. Dimana
perusahaan dituntut untuk dapat melihat berbagai kesempatan yang ada dan
mencari strategi atau cara-cara untuk menarik konsumen atau pelanggan dan
mempertahankannya, sehingga perusahaan dapat mengatasi dan dapat bertahan dalam
persaingan dengan para competitor, baik dalam
jangka pendek maupun jangka panjang.
Toko Serba Ada (Toserba) merupakan salah
satu bentuk usaha eceran harus mampu membaca segala peluang dan ancaman yang
ada serta di tuntut untuk mampu melaksanakan strategi pemasaran dan perencanaan
dengan baik. Agar perusahaan dapat bertambah dan berkembang lebih maju, salah
satunya adalah dengan cara meningkatkan minat beli konsumen yaitu dengan
kegiatan promosi.
Toserba sebagai perantara antara
produsen dengan konsumen mempunyai
peranan yang penting dalam memasarkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen,
baik bagi produsen maupun bagi konsumen. Bagi produsen, Toserba merupakan
perantara untuk menyampaikan barang-barang yang dihasilkan perusahaan kepada
konsumen akhir, sedangkan bagi konsumen, Toserba merupakan tempat dimana mereka
dapat memperoleh barang-barang yang dibutuhkannya.
Promosi merupakan sarana mengkomunikasikan
toko berserta produk yang ditawarkan kepada konsumen. Salah satu bagian dari
usaha promosi penjualan yaitu dengan penataan interior dan eksterior display
maupun layout toko. Menurut Gerard J. Tellis (1998:234-235) ; “display
are in-store arrangements that give greater visibility to a brand relative to
competing brands”. Menurut pendapat
ini display merupakan susunan-susunan dalam toko yang memberikan
kemungkinan untuk dilihat yang besar bagi merek suatu produk secara relatif
untuk bersaing dengan merek-merek lainnya”.
Dengan demikian display merupakan
salah satu aspek penting untuk menarik perhatian dan minat beli konsumen serta mendorong
keinginan untuk membeli. Agar konsumen merasa betah berbelanja, maka diperlukan
strategi penataan display atau tata letak produk yang menarik, sehingga menciptakan
daya tarik tata ruangan dan susunan produk pada Toserba, sehingga timbul minat
beli konsumen untuk membeli barang tersebut.
Strategi display berkaitan dengan taktik
dalam mengatur tampilan dan mengelompokkan barang sesuai dengan jenisnya serta
menyesuaikan harga dengan produknya. Hal ini berupaya untuk mendorong konsumen dalam proses
pengambilan keputusan. Dengan demikian, display berkaitan dengan klasifikasi semua jenis barang yang ditawarkan sesuai
dengan bentuk, ukuran, dan merek barang dagangan yang sejenis. Dalam penataan barang
perlu diperhatikan pengadaan barang dan kemudahan memperoleh barang yang
didalamnya mengandung petunjuk-petunjuk yang dapat memberitahukan dimana letak
barang yang diinginkan konsumen. Dalam penampilan barang yang perlu
diperhatikan adalah tentang kebersihan, kerapihan, pencahayaan.
Masalah rutinitas dan suasana yang sama
dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan rasa bosan dan jenuh serta tidak
menimbulkan rangsangan untuk berbelanja ditempat tersebut. Jadi strategi
penataan display multak diperlukan agar konsumen memperoleh kesan bahwa
barang yang tersedia selalu baru, baik dan menarik untuk dibeli oleh konsumen. Hal
ini akan mempermudah proses selanjutnya dimana konsumen dapat menjadi alat
promosi dengan memberikan informasi pada orang-orang disekitarnya. Ini
merupakan cara efektif yang dapat dilakukan perusahaan dalam usahanya untuk
meningkatkan minat beli konsumen.
Toserba Indrako merupakan salah satu toko
enceran yang berada di Teluk Kuantan Ibukota Kabupaten Kuantan Singingi. Toserba
Indrako merupakan Toserba terbesar dibandingkan toserba-toserba lain yang ada
di Teluk Kuantan. Toserba Indrako mempunyai layanan sama dengan minimarket,
dimana konsumen diperbolehkan untuk melihat dan memilih sendiri barang yang akan
dibeli. Pihak pengelola Toserba Indrako tentunya perlunya menerapkan
strategi yang tepat untuk menarik pembeli sebanyak-banyaknya. Hal ini dilakukan
agar Toserba Indrako tidak kalah dalam persaingan bisnis.
Penataan display yang bagus dan
menarik pada Toserba Indrako menarik minat konsumen untuk berbelanja berbagai
kebutuhan termasuk kebutuhan
sehari-hari. Penataan display yang bagus dan menarik tersebut terlihat
pada penyusunan barang berdasarkan bentuk, ukuran, dan merek barang yang
sejenis, sebagaimana terlihat pada tabel berikut ini;
Tabel 1.1
Display Toserba
Indrako
No
|
Jenis
|
No Etalase
|
Ket
|
1
|
Snack dan
minuman
|
01, 02, dan 03
|
Masing-masing etalase berukuran 2,5 M
|
2
|
Buah-buahan
|
04 dan 05
|
|
3
|
Perawatan Tubuh
|
06, 07, dan 08
|
|
4
|
Pakaian dalam
|
09, 010, dan 011
|
|
5
|
Peralatan Mandi
|
012, 013, 014, dan 015
|
|
7
|
Peralatan Listrik
|
016 dan 017
|
|
8
|
Alat Tulis
|
018
|
Sumber : Dokumentasi
Toserba Indrako
Berdasarkan
tabel di atas maka diketahui bahwa seperti
susunan snack, peralatan mandi, perawatan tubuh, buah-buahan, alat tulis
dan lainnya diletakan pada satu tempat sesuai dengan jenisnya yang disebut dengan
rak dan etalase. Pengaturan tersebut tidak hanya untuk kerapian tata
letak, namun juga untuk memudahkan
konsumen untuk memilih barang-barang yang akan dibelinya. Sehingga
konsumen merasa lebih puas dilayani untuk berbelanja di Toserba Indrako.
Dampak
pengaturan display yang tidak teratur dengan baik dan terkesan
acak-acakan, maka hal ini akan berdampak terhadap kuantitas penjualan di
Toserba Indrako dan terjadinya loss shearing.. Oleh karena itu pihak
pengelola Toserba perlu menerapkan startegi yang tepat. Berkaitan dengan itu
penulis sangat tertarik untuk
mengkaji lebih dalam untuk melakukan penelitian dengan pembahasan “Strategi
Penataan Display dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Toserba
Indrako Teluk Kuantan”.
B.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang dikemukakan pada BAB I maka rumusan masalah dalam
penelitian ini berkaitan dengan penataan
display yang bagus dan menarik pada sebuah Toserba. Dalam
perumusan masalah penulis menetapkan tiga bentuk perumusan masalah, yaitu;
1. Bagaimana strategi penataan display
yang digunakan oleh Toserba Indrako Teluk Kuantan?
2. Bagaimana pendapat konsumen tentang penataan
display yang dilakukan oleh Toserba Indrako Teluk Kuantan?
C.
Tujuan
dan Manfaat Penelitian
1.
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
a. Untuk mengetahui strategi penataan display
yang digunakan oleh Toserba Indrako Teluk Kuantan.
b. Untuk mengetahui penilaian konsumen
tentang penataan display yang dilaksanakan oleh Toserba Indrako Teluk
Kuantan.
2.
Mamfaat Penelitian
Penulis berharap hasil penelitian ini
dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak sebagai berikut :
a. Bagi perusahaan, sebagai bahan bagi pihak
manajemen perusahaan dalam pengambilan keputusan mengenai kebijakan perusahaan
di bidang pemasaran di masa yang akan datang, khususnya mengenai strategi
penataan display.
b. Bagi penulis, sebagai tambahan pengetahuan
untuk memperluas wawasan mengenai manajemen pemasaran, baik melalui teori-teori
maupun prakteknya, khususnya mengenai strategi penataan display dan
minat beli konsumen.
c. Bagi pembaca lainnya, khususnya bagi
rekan-rekan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di STIE “KBP” Padang dapat
menambah pengetahuan mengenai strategi penataan display.
d. Untuk memenuhi salah satu syarat guna
menempuh ujian sarjana ekonomi (strata-1) pada jurusan manajemen STIE “KBP”
Padang.
D. Sistematika Penulisan
Penulisan skripsi
ini terdiri dari lima bab di antaranya ;
BAB I Pendahuluan. Dalam bab ini berisi
Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, dan
Sistematika Penulisan.
BAB II Tinjauan Literatur. Bab ini menjelaskan dan menguraikan teori
tentang Strategi, Display dan Perilaku Konsumen sebagai pendukung untuk
lebih memahami dalam penelitian.
BAB III Metode Penelitian. Bab ini
menjelaskan metode penelitian, teknik pengumpulan data serta teknik analisa
data yang disesuaikan dengan permasalahan yang diteliti.
BAB IV Analisa dan Pembahasan. Bab ini
menjelaskan Gambaran Umum Toserba Indrako dan hasil penelitian tentang strategi
penataan Display Toserba Indrako yang sesuai dengan batasan masalah yang
ditetapkan. Pada bab ini memuat berdasarkan hasil analisa data yang berkaitan
dengan strategi display berdasarkan teori yang ada.
BAB V Penutup. Bab terakhir ini berisi kesimpulan dan
saran.
Bagi yang ingin berminat secara lengkap silahkan hubungi....081947777252 (Wandi)
saya tertarik untuk mengetahui secara lengkap penelitian diatas. mohon kirimkan filenya ke email saya
BalasHapusterimakasih